Selasa, 13 Desember 2011

Ilmuwan Akhinya Bisa Membuat Ulang Biola Stradivarius



Para ilmuwan sudah lama dibuat bingung mengapa 650 buah biola Stradivarius yang ada masih memiliki suara yang begitu baik. Namun setelah dua tahun dilakukan pemindaian CT scan, dan pengerjaan yang dibantu dengan komputer, para ilmuwan kini telah mampu 'membuat ulang' untuk pertama kalinya salah satu alat musik legendaris ini.
 
Melalui uji 'buta' telah menunjukkan bahwa Stradivarii keberadaannya tidak selalu menjadi biola terbaik, tetapi kualitas suara tingginya yang secara konsisten masih membingungkan para ahli.
Beberapa percaya itu karena kayu unik yang digunakan Antonio Stradivari, atau saat membentuk atau menebalkan kayu di bagian tertentu dari instrumen ini, yang lain percaya bahwa karena proses kimia yang digunakan untuk membuatnya.
Sebuah studi baru oleh Masyarakat Radiologi Amerika Utara (RSNA) mungkin dapat membantu mengungkap misteri biola-biola ini, tanpa merusak instrumen yang berharga ini dalam prosesnya.
Tim dari RSNA menggunakan pencitraan tomografi Sinar-X yang dipandu komputer untuk menciptakan sebuah 'pindaian' 3D biola ini, baik di dalam dan di luar.
"Dikombinasikan dengan mesin yang dipandu komputer, menawarkan kita kesempatan untuk membuat reproduksi dengan tingkat akurasi yang tinggi," ujar Steven Sirr, MD, seorang radiolog di FirstLight Medical Systems, seperti dikutip Mail Online.
"Kami memiliki dua tujuan, untuk memahami bagaimana biola ini bekerja dan untuk membuat reproduksi biola termahal di dunia ini dan tersedia bagi musisi muda yang tidak mampu membeli yang aslinya," tambahnya.
Kebanyakan biola Stradivarius dari tahun 1704 disimpan di museum-museum, dan tidak pernah dimainkan. Baru-baru ini, salah satu instrumen dilelang seharga $ 15,9 juta

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No. Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai | Telp : 0482-11111 Email : radiologirsudsinjai@yahoo.co.id - Website : http://radiologirsudsinjai.blogspot.co.id/ |