Senin, 07 September 2015

Bayi Kembar Siam akan Dirontgen Ulang

Bayi kembar siam dan dempet kepala bernama Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah asal Desa Lawe Kiling, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara (Agara) akan menjalani pemeriksaan radiologi (dirontgen) ulang pada 27-28 Agustus 2015. 

Hal ini dilakukan untuk menentukan bagian mana saja yang dapat dipisahkan dan yang tidak dapat dipisahkan dari selaput otak kedua bayi tersebut. Informasi ini disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, dr Fachrul Jamal SpAn KIC kepada Serambi, Senin (24/8). “Apabila kita memisahkan itu tidak mudah seperti memisahkan lembaran buku. Ada yang kita nilai terlebih dahulu, di mana pembuluh darah yang tersambung dan pemisahan mulai dilakukan dari pembuluh darah yang tidak tersambung. Jadi, pemeriksaan itulah yang sedang dipersiapkan,” jelasnya.

Sementara itu, terkait operasi tahap ketiga yang dilakukan pada Sabtu, 8 Agustus 2015, kata Fachrul, operasi berlangsung lebih dari delapan jam dan belum dapat dipisahkan, karena harus mencari bagian pembuluh darah yang tidak tersambung. Apabila operasi tersebut berlangsung hingga lebih dari sepuluh jam, maka akan berisiko besar kepada bayi.
“Saat itu sudah dicoba semua tempat, namun sulit untuk ditemukan. Maka harus dilakukan pemeriksaan radiologi untuk menilai bagian mana pembuluh darah yang tidak tersambung,” katanya.

Apabila sudah diketahui hasil pemeriksaan radiologi, kata Fachrul, maka akan disiapkan untuk operasi tahap keempat. Operasi tahap tersebut tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, karena sangat berisiko dan kasus seperti ini juga jarang terjadi. “Maka kita mohon doa dari masyarakat untuk kesehatan kedua bayi ini,” imbuhnya yang menyebutkan bahwa kondisi bayi sehat dan masih dirawat di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta.
Selain itu, Fachrul Jamal juga menginformasikan tentang kondisi Daffa Delfira (2) asal Meukek, Aceh Selatan yang masih dirawat di Ruang ICU Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo (RSUCM) Jakarta.

Kini kondisinya sudah mulai sadar. Tapi, menurut Fachrul Jamal, saat ini bocah yang sudah menjalani operasi cangkok hati tersebut mengalami infeksi di bagian perutnya dan harus dioperasi untuk membersihkan infeksi tersebut.
“Sementara hati yang diterima Daffa dari ibunya sudah berfungsi dengan baik. Kondisi ibunya pun sudah membaik,” demikian Fachrul Jamal.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No. Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai | Telp : 0482-11111 Email : radiologirsudsinjai@yahoo.co.id - Website : http://radiologirsudsinjai.blogspot.co.id/ |